Pages

Translater

~~LabeL~~

Games (3) Informasi (34) Lyrics (13) Opening (3) Story (2)

Sunday, July 29, 2012

Penyajian data - Semester Ganjil XI

Pendahuluan

          Sebelumnya, apa sih data itu? Data adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh dari hasil pengamatan atau sebuah penelitian. Data sendiri terbagi menjadi 2, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

          Data kuantitatif adalah data berupa bilangan. Data kualitatif adalah data yang tidak berupa bilangan. Data kuantitatif dibagi lagi menjadi 2, yaitu data diskret(cacahan) dan data kontinu(ukuran).

          Data-data itu harus dikumpulkan menjadi satu untuk mendapatkan hasil yang menyeluruh. Pengumpulan data bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain :
A.) Wawancara
Merupakan sebuah pengumpulan data dengan cara tanya jawab secara langsung dengan sumber data.

B.) Angket (Kuesioner)
Teknik pengumpulan data dengan member pertanyaan yang disusun dalam suatu daftar pertanyaan.

C.) Pengamatan (Observasi)
Adalah teknik pegumpulan data dengan cara mengamati objek secara langsung maupun tidak langsung. Pengamatan dibagi menjadi 3 :
C.1.) Pengamatan langsung
C.2.) Pengamatan tak langsung
C.3.) Pengamatan partisipasif


Data data yang diperoleh dan dikumpulkan dapat disajikan dalam beberapa metode penyajian data. Kali ini, saya akan menjelaskan beberapa
bentuk metode penyajian data.



Macam-Macam Penyajian Data
      Diantara metode penyajian data, yang sering digunakan adalah diagram dan         kurva.

1. Penyajian data dalam bentuk diagram

Ada beberapa cara dalam penyajian data melalui diagram, antara lain diagram garis, diagram lingkaran, diagram batang, diagram batang daun,diagram peta(mapping graph), diagram gambar(pictogram), dan diagram kotak garis. Tetapi, dari beberapa contoh itu, diagram yang sering digunakan adalah diagram garis, diagram lingkaran, dan diagram batang karena dinilai lebih mudah untuk dimengerti.

A. Diagram Garis
Adalah penyajian data dengan menggunakan garis-garis lurus. Penyajian data biasanya berupa hasil pengamatan yang dilakukan secara terus menerus secara berurutan. 

B. Diagram Batang
Adalah diagram yang digunakan untuk menyajikan data statistik dengan cara menggunakan batang berbentuk persegi panjang. Ada kalanya batang itu digambarkan 3 dimensi sehingga berbentuk balok.


C.) Diagram Lingkaran
Adalah diagram untuk menyajikan data statistik dengan menggunakan daerah lingkaran. Lingkaran itu dibagi-bagi menjadi beberapa bagian yang
masing-masing berbentuk juring lingkaran yang
keseluruhan datanya adalah 100%.

Al Azhar A.

No comments:

Post a Comment

Sempatkan untuk berkomentar agar blog ini lebih indah dan lebih bermanfaat kedepannya. Kritik dan saran diperlukan :)
Terima kasih